Betapa indanya Negara ini

Written By nomBlank on Wednesday, November 13, 2013 | 8:01 PM



Kebanggaan merupakan rasa harga diri dan nilai pribadi yang lebih baik daripada orang lain, kebanggaan juga untuk merasa bangga dengan budaya, bangsa, dan lain-lain yang berhubungan dengan rasa bangga menjadi rakyat.
Kebanggaan mencintai bangsa dan negara bersama-sama mencapai, mempertahankan, secara emosi yang berasal jiwa bahwa salah satu kecintaan alamiah terhadap tanah air, kesadaran yang mendorong untuk membentuk kedaulatan dan kesepakatan untuk membentuk kebangsaan. Membentuk jiwa nasionalisme dengan hidup bersama akan tumbuh naluri untuk mempertahankan. Tidak hanya sekedar menanamkan nilai- nilai Pancasila akan tetapi mengamalkan dengan sebaik- baiknya agar menjadi manusia yang berguna memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Sikap rela berkorban untuk kepentingan tanah air, bangsa dan negara akan memperkuat rasa kebangsaan, mewujudkan dengan berbakti dan berguna bagi bangsa sebagai bentuk perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Peran seluruh anak bangsa dalam membangun negara dengan tidak melupakan sejarah, belajar dan sadar akan sejarah bangsa Indonesia yang berani membela keadilan dan kebenaran untuk bangsa.
Mempertahankan bahasa dimana 748 bahasa yang tersebar di seluruh penjuru negeri dan dipakai secara berbeda antara satu bahasa dengan yang lainnya, membantu kita untuk berkomunikasi antara satu dan yang lainnya dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa induk. Setiap bahasa satu etnik menggunakan bahasa daerah sebagai alat komunikasi antar sesama suku. Contohnya bahasa Jawa, Sunda, Madura, Minang dan masih banyak Lagi, yang mana biasanya digunakan di setiap daerah, akan tetapi jadi satu ketika membela bangsa. Sebagai alat komunikasi untuk meningkatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang baik dan benar tentang pentingnya bahasa Indonesia.
Undang-Undang Dasar RI 1945, Pasal 36 : Bahasa Negara ialah bahasa Indonesia. juga dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 “Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Mampu melesatrikan budaya, mampu menjaga budaya daerah agar tidak punah dengan perkembangan teknologi. Mempersatukan bangsa Indonesia sebagai anak bangsa dengan “Bhineka Tunggal Ika”.
Betapa indanya Negara ini, perbedaan dari sabang sampai mereuke membuat kita jadi satu. Salah satu bentuknya dalam dunia pendidikan, berkumpulnya identitas yang berbeda tetapi tetap bisa membaur dengan sesama. Bahkan dengan kita sering bergaul dengan beragam etnis membuat kita semakin cerdas dan memahami keunikan budaya yang tidak dimiliki Negara lain.
Kita hidup tidak terlepas dari pengaruh dengan lingkungan sekitarnya. Di perlukan dasar sebagai pedoman agar mudah kepercayaan dalam memperjuangkan kepentingan bangsa untuk mencapai kesejahteraan. wawasan yang luas sebagai bentuk wawasan NKRI, agar bangsa dan negara Indonesia tetap eksis dan terwujudnya mayarakat yang adil, makmur dan sentosa. Menyatukan semua rakyat yang ada di Indonesia dengan keramahan ilmu dan social, melahirkan konsep sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang disikapi dengan kekukuhan Bhineka Tunggal Ika”.
Perpaduan budaya yang berbeda menjadi satu ketika berada di panggung internasional, luapan alam yang selalu memanjakan kita setiap harinya dan masih banyak lagi yang berasa di tanah air ini. Ini lah Indonesia yang tetap ada tanpa pemisah di antara kita.

Ditulis Oleh : nomBlank ~Wajah Indonesia

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Betapa indanya Negara ini yang ditulis oleh Wajah Indonesia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 8:01 PM

0 comments:

Ebook-Panduan

Berlangganan

Andai aku Jadi....
  
pollcode.com free polls 

Featured Posts